Friday 1 June 2018

Cara ekport dan import pajak keluaran dari database Lama E-faktur

Jika anda sudah terlanjur menginput Data pajak keluaran di database lama dan sudah diupload, jangan khawatir karena data tersebut masih bisa kita pindahkan ke database baru dan bisa masuk ke hitungan SPT di akhir bulan.. asalkan anda masih menyimpan database efaktur yang lama (ini fungsinya kenapa anda harus melakukan backup database sebelum melakukan perubahan konfigurasi)

Untuk ekport dan import data pajak keluaran dari database lama ke database baru Efaktur sagat simple, berikut langkah-langkahnya :

1. Pindahkan database lama ke folder Efaktur (jangan lupa ubah nama folder database eksisting (folder db) dengan nama lain (misal db_eksisting) agar tidak tertimpa dengan database lama yang akan kita copykan)



2. setelah anda memasukan folder db (database lama) ke folder efaktur, selanjutnya anda buka aplikasi efakturnya.




3. Selanjutnya anda masuk ke faktur => pajak keluaran=> administrasi faktur, selanjutnya pilih (blok) faktur pajak keluaran yang akan di eksport, kemudian klik kanan dan tekan eksport=>save as=> ketikan nama file dan lokasi penyimpanannya (ex: nama file pk.csv, lokasi my document), kemudian tekan open








4. Setelah berhasil membuat file csv (hasil eksport pajak keluaran database lama) kemudian close aplikasi efakturnya, selanjutnya kita akan mengimport file csv tersebut ke pajak keluaran pada database baru.


5. pertama kita hapus terlebih dahulu folder db / database lamanya (pastikan anda memiliki backupnya), selanjutnya rename kembali database eksisting (db_eksisting) yang telah di rename pada langkah pertama menjadi "db".


6. selanjutnya login ke efaktur, masuk ke faktur=>pajak keluaran=> import
kemudian pada jendela yang muncul tekan tombol open file, pilih file pk.csv, kemudian tekan open.




7. kemudian akan muncul jendela dibawah ini, jika pada point 2 format OK, maka anda langsung tekan tombol proses import, namun jika format NOK maka coba anda ganti karakter pemisahnya menjadi titik koma (;)




8. setelah proses import selesai biasanya akan ada pesan hasil proses import (total yang berhasil di import dan yang gagal).

9. Selesai.

Demikian tutorial cara eksport dan import pajak keluaran di efaktur, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment