Friday 1 June 2018

Cara install Efaktur / E-faktur


langkah-langkah menginstall aplikasi Efaktur :

1.silakan download aplikasi Efaktur klik disini dalam bentuk zip, Silakan download yang 32 Bit atau 64 bit sesuai system windows Laptop / PC anda. jika anda belum mengerti cara cek system windows anda 32 bit atau 64 bit silakan klik disini


2. Setelah anda berhasil download, selanjutnya double klik file zip hasil download tadi hingga terbuka gambar dibawah ini. selanjutnya double klik kembali pada file efaktur_windows_64bit.exe untuk mengekstrak file ke PC kita.



3. setelah double klik maka akan muncul jendela untuk ekstrak, anda tekan tombol titik tiga, cari /klik my computer (computer) => drive D => tekan OK, kemudian tekan Extract



4. tunggu hingga proses ekstract selesai




5. setelah selesai ekstract, silakan anda buka eksplorer (atau tekan tombol windows + E bersamaan), kemudian pilih drive D, dan masuk ke folder Efaktur_Windows_64bit




6. isi dari folder Efaktur_windows_64bit seperti dibawah ini, dan buka file EtaxInvoice.exe untuk melanjutkan konfigurasinya (biasanya pertama kali buka akan lama)




7. setelah terbuka silakan tekan connect




8. selanjutnya anda diminta untuk register etax invoice, masukan nomor NPWP PKP (Pengusaha Kena Pajak), kemudian klik tombol open pada kolom sertifikar user dan arahkan ke folder tempat anda menyimpan sertifikat user, selanjutnya masukkan kode passphrase, dan masukkan kode aktivasi, kemudian tekan Register.


note:
  • sertifikat user anda bisa download di situs https://efaktur.pajak.go.id/login menggunakan user dan password anda.
  • kode passphrase adalah password / kode yang dimasukkan oleh PKP pada saat meminta sertifikat digital ke kantor pajak (coba tanyakan ke PKP)
  • kode aktivasi yaitu kode yang sama yang digunakan untuk meminta nomor seri faktur pajak (pada saat registrasi kode dan password aktivasi dikirim via POS dan email ke perusahaan anda)



8. setelah tekan tombol register kemudian anda diminta untuk memasukan Captcha (jika tidak jelas bisa direfresh) dan masukkan pula password PKP (yang digunakan untuk meminta nomor seri faktur pajak), kemudia tekan tombol submit. dan selanjutnya tinggal anda isi data user aplikasi.


Demikian tutorial cara install efaktur, semoga bermafaat.

No comments:

Post a Comment